BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Thursday, August 13, 2009

the adventure of SwatZ.. (part-II)

Lama aku bercengkerama melepas rindu bersama ghaib Bapakku. Bahkan aku sempat menunaikan salat maghrib di masjid yang baru setengah jadi bersama para warga sekitar dan Bapak menjadi imamnya.



Tatkala adzan Isya berkumandang, Bapak berseru lirih memanggilku yang tengah khusyu berdzikir.



B: Tong, ni hari dah malem. Lu kagak pulang? Ntar kemaleman, lho!!

Q: Ya Allah, perasaan cepet banget, Ba!! Iya, De pulangnye ntar dah ba'da Isya, tanggung bentar lagi.

B: Ya udeh kalo gitu!



Lalu kami pun kembali salat Isya berjamaah, kali ini yang menjadi imam adalah seorang kakek yang umurnya kira-kira sedikit di atas Bapak. Setelah selesai salat, Bapak kembali memanggilku. Aku mendekati Bapakku yang sedang duduk berdua dengan Imam tadi di shaf pertama.



B: Tong, kenalin ini Engkong 'Ndul, Engkong lu, Bapanye Baba!! Lu kan sering denger kisahnye dari Baba waktu lu masih kecil!! Ayo, kasih salam..



Aku tersentak kaget, Kakekku dari pihak Bapak sudah meninggal puluhan tahun silam. Dan aku pun belum pernah sekalipun melihatnya. Tapi, di sini aku bisa bertemu dengan ghaibnya pula. Subhanallah!!



E: Oh, jadi ini cucu gua. Cakep bener, pa kabar lu, tong!! Dah gede lu sekarang..

Q: Bae, Nkong! Engkong sendiri apa kabar!

E: Yah, kayak yang lu liat sendiri,, bae juga, kan..!!



Aku sempatkan berbasa-basi sebentar dengan ghaib para orang tuaku. Dan Bapak kembali mengingatkan



B: Tong, segera lu pulang. Kesian Nyak lu ntar cemas. Lagian ntar lu juga kemaleman lagi

Q: Iya, Ba! Kalo gitu De pamit pulang ya. Nkong, De pamit juga ya!!

E: ya, hati-hati di jalan. Inget, jangan ngebut!! Salam buat Nyak ama keluarge di rumeh, ye!

Q: Iya, Nkong! Makasih..



Aku pergi meninggalkan Kakek sendirian di masjid. Bapak mengantarku ke tempat dimana motorku diparkir.



B: Tong, sebenernya Baba punya satu permintaan ama lu. Baba ngarepin lu ikhlas ngjalanin amanat ini

Q: Amanat apa, Ba!! Insya Allah De nyanggupin

B: Baba minta lu jaga kerukunan keluarge kite bae-bae. Terlebih Baba minta jaga Nyak lu. Pokoknye, utamain kesenengan hati Nyak lu. Jangan biarin hatinya sedih mulu. Insya Allah kalo lu ikhlas, lu bakal dapetin ape yang lu harepin selame ini.

Q: ah, Baba!! kagak dikasih tau juge udah pasti De lakuin apa yang Baba minta. De minta same Allah supaye Baba ame Nyak juge keluarge kite diberiNya keselamatan dan kebahagiaan didunie juge diakherat nanti.

B: Terima kasih, ya tong!! Doa dari lu paling Baba harepin. Tanpa doa itu, Baba kayaknye kagak bise idup walau dah di alam ini. Sekali lagi makasih!

Q: Ba, udeh jadi kewajiban De sebagai anak buat selalu ngedoain orang tuenye!! De juge mohon maaf kalo waktu Baba masih ada, De sering bikin ulah. De juga gak sempet minta maaf sampai Baba..

B: udeh jangan diterusin, Baba gak tahan ngedengernye. Tong, Baba pergi ni tanpa beban. Udah Baba maafin semue yang pernah terjadi jadi jangan dipikirin mulu. Yang penting sekarang pikiran diri lu aja ke depannye gimane..

Udah, cepetan gih lu pulang.. udah larut gini nih.

Q: iya, Ba.. De pamit pulang. Mohon doa restu dari Baba buat masa depan De.. Assalamuakaikum!

B: Waalaikumsalam.. Insya Allah doa Baba nyertain elu. Hati - hati dijalannye, tong!! Tapi Baba pesen, lu gak usah kasih tau siapapun kalo lu pernah kesini trus ketemu Baba. Gak usah ya, tong!! Lu ngerti, kan!!

Q: Iya, Ba.. De ngerti, kok!!



Perlahan ku rapalkan mantera penarik sukma. Suatu kekuatan ghaib menarikku dengan sangat kuat. Hanya dalam sekejap, jiwaku telah menyatu kembali dalam jasadnya. Ku ucapkan hamdalah bahwasanya aku telah kembali dengan selamat. Tapi aku merasa ada yang aneh di sini. Aku meninggalkan tempat Bapakku pada waktu ba'da Isya sekitar jam 9 malam. Tapi, di dunia nyata ini, matahari saja belum terbenam. Ku lirik jam HPku, baru jam 17.50.. Subhanallah, Maha Suci Allah yang berkuasa atas segalanya di jagat raya ini.



Setelah kejadian ghaib tadi, terasa ada yang lain dalam diriku. Hatiku yang semula gundah gulana gelisah tak menentu kini berubah drastis. Hawa ketenangan dan kedamaian terasa menyelimuti sekujur tubuh ini. Langkah ku terasa ringan tanpa beban. Berbeda sekali dengan waktu pertama datang ke tempat ini. Apakah ini ada hubungannya dengan beratnya beban yang dipikul almarhum Bapak yang belum sempat ditunaikannya. Amanat Bapak untuk menjaga keutuhan dan kerukunan dalam keluarga terlebih Ibuku terus mengiang dikepalaku. Ya, itu adalah amanat yang harus aku jalani selama hayat masih dikandung badan.



Akupun pulang dengan sejuta pengalaman ghaib untuk kesekian kalinya. Aku berhasil menemui ghaib Bapakku yang selama ini aku rindukan kehadirannya. Dan akupun mendapat banyak sekali pelajaran dan tugas yang harus aku kerjakan sebaik mungkin. Agar semua itu bisa diselesaikan, hanya ada satu cara, yaitu Ikhlas..



Aku ikhlas melakukan semua itu demi almarhum Bapak dan demi ridho Allah swt. Dan juga sudah menjadi kewajiban kita sebagai seorang anak untuk menjaga dan melindungi serta mendoakan orang tua kita agar mereka merasa bahagia dihari tuanya.



the end...







---- 
Sent using a Sony Ericsson mobile phone

0 komentar: