BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sunday, August 9, 2009

the adventure of SwatZ.. (part-I)

Hari ini, gak tau kenapa perasaanku gelisah tak menentu. Aku merasa ada sesuatu hal yang berkecamuk di dalam hati, entah apa tapi yang jelas, harus segera dilenyapkan. Aku harus pergi ke sebuah tempat asing untuk membunuhnya atau ketenangan bathinku akan terusik kembali.



Kuambil tas sambil dicek segala kelengkapan yang dibutuhkan selama diperjalanan. Setelah semua lengkap lalu kupacu sepeda motorku dengan cepat dan pergi tanpa arah dan tujuan. Bermodal nekat dan kata hati, setelah berjam-jam menempuh perjalanan, sampailah aku disebuah tempat yang mana naluri ku berkata inilah tempat yang sebenarnya ingin aku tuju.



Ketika menjejakkan kaki di tempat tersebut, sambil menghela nafas, mataku nanar memandang ke sekeliling. Subhanallah, indah sekali pemandangan di sini. Walau ini bukan yang pertama kalinya aku berkunjung kesini, aku baru sadar akan keindahan yang sebenarnya dari tempat ini.



Lautan biru nan jernih beratapkan langit biru berseling awan putih di siang hari yang cerah. Debur ombak menghantam pesisir pantai menyapu tepiannya. Kicau burung camar seolah meramaikan suara yang terdengar syahdu dalam shymponi alam. Dalam kesendirianku saat ini, aku merasa dekat dan jiwaku seolah menyatu dengan alam. Terasa damai dalam relung hatiku, rileks dan ketenangan menyelimuti diri menyapa sukmaku.



Hilang sudah badai kegelisahan yang melanda jiwaku sebelumnya. Berganti dengan kedamaian hati yang selama ini aku damba. Menghayati dan merenungi serta takjub akan kebesaran Illahi Rabb' yang tiada tara bagiku. Subhanallah..



Waktu terus bergulir, tanpa disadari matahari terus bergulir menuju peraduannya. Disaat hampir terbenam, aku memulai suatu ritual yang biasa aku lakukan kala hatiku gundah. Yoga!! Aku duduk bersila di bibir pantai berlumuran pasir sambil mengagumi sunset dan deru ombak yang menggelora. Ku pejamkan mata perlahan dan mulai mengheningkan cipta disertai konsentrasi penuh. Tak berapa lama, alam bawah sadarku terbuka perlahan. Aku mulai memasuki gerbang dimensi lain yang ada dalam pikiranku. Ilmu 'Ngrogoh Sukmo' yang aku miliki ternyata sangat berguna disaat seperti ini. Sesaat setelah jiwaku keluar dari raga, ku panjatkan doa dan salam pada Illahi Rabb' dan RasulNya memohon keselamatan. Tak lupa, aku memperkenalkan diriku pada sang ghaib pantai ini. Dia mempersilakan ku untuk melihat - lihat keadaan sekelilingnya dengan aturan tertentu. Ku ucapkan terima kasih atas izin yang telah diberikan. Kemudian mulailah petualanganku disisi lain dunia ini. Dunia kasat mata, dunia ghaib!!



Lama aku melanglang buana menelusuri tiap tempat yang ada di sekitarku, tak jua mendapatkan apa yang aku cari. Sampai akhirnya, aku tiba disebuah perkampungan yang cukup jauh dari pesisir. Disana sedang diadakan pembangunan masjid. Mata bathinku menangkap sosok pria yang sangat familiar bagiku tengah sibuk mengkomandoi para tukang yang sedang membangun masjid. Ya Allah!! itu Bapakku yang sudah sekian tahun menghadap Sang Khalik. Dengan tergesa aku menuju Bapak. Setelah sampai, aku ucapkan salam:



Q: Assalamualaikum.. Baba!! (aku berteriak karena tak bisa menahan rinduku yang terdalam)

B: Wa'alaikumsalam!! eh, ada elu tong!! gimane kabar elu ama Nyak?! Mpok ama Abang lu?! Sehat?! (almarhum bapak memang selalu menggunakan bahasa betawi jika bicara dengan keluarganya)

Q: Alhamdulilah, Ba!! Semua sehat!! Cuman Nyak rada kurang sehat aje. Semenjak Baba kagak ade, hati Nyak rasanye ancur lebur dah. Nyak kayaknye dah ilang semanget idupnye. Nyak kangen banget ame Baba. De gak tega sering ngliat Nyak nangis. De gak tahan ame semua itu, Ba!!

B: Lu yang sabar ya, tong!! Baba tau koq. Baba aje kangen banget ame Nyak lu, ame anak - cucu Baba juge. Tapi, ya mo gimane lagi, udeh takdirNye Baba musti dipisahin dari lu semua. Tapi biar dunie kite dah beda, biar Baba dah gak ade, Baba tetep ngawasin lu pade dari jauh. Baba tau semua hal yang dilakuin keluarga Baba, tong!!

Q: Tapi, kenape Baba kagak mampir aje ke rumah?! Kan bise tuh ngobatin kangennye Nyak!!

B: Dunie kite dah beda, tong!! Tempat Baba dah matut disini kagak bise kemane!! Paling waktu tertentu aje, atas seizinNye, Baba diberi kesempatan buat ketemu ame keluarga. Kesempatan kayak gitu kagak disia-siain ame Baba. Baba langsung ngunjungin rumah keluarga Baba. Kadang kalo kangen berat, Baba nggliat masuk ke mimpinye buat ketemu ame orang yang dituju. Tapi Baba sering gak tega masuk ke mimpi Nyak lu, Baba gak kuat ngedenger kesedihan dari hati Nyak lu. Baba cuman bisa ngliatin Nyak lu doang!! Kagak lebih, tong!!



Selanjutnya kami saling melepas rindu dan bercerita panjang lebar tentang semua hal yang kami alami selama ini. Sekian tahun tak melihat wajah Bapakku, hanya sesekali dalam mimpi, perawakan Bapakku tampak sedikit berisi, dan wajahnya sungguh bersih dan bercahaya. Ia memang sengaja memanggilku untuk datang ke dunianya lewat firasat yang aku rasa dan kata hati yang menuntunku untuk sampai di tempatnya...



(to be continued to part-II)











---- 
Sent using a Sony Ericsson mobile phone

0 komentar: